Menikmati Jajanan “Masa Kolonial” di Sumber Hidangan

Ingin menikmati makanan khas kolonial Belanda?berbagai macam kue dan es krim “jaman doeloe”?

Sumber Hidangan lah tempatnya yang masih berada di kawasan Jalan Braga.Di tempat ini saya bisa menikmati berbagai macam roti,kue,masakan, dan es krim khas masa kolonial dengan cita rasa Belanda yang sangat kental.Tak jarang saya mengajak serta keluarga dan sahabat untuk berkunjung dan menikmati berbagai sajian di Sumber Hidangan.

(Bagian Dalam Sumber Hidangan)
Suasana kuno langsung terasa ketika memasuki ruangan yang tidak terlalu besar ini,gaya arsitektur dan interior banguan tersebut masih di pertahankan dari sejak pertama kali di bukanya pada tahun 1929 dengan nama Het Snoephuis atau Rumah Jajan. Pada masa itu Sumber Hidangan atau Het Snoephuis di kenal sebagai tempat para Serdadu Belanda dan Pegawai Menengah Belanda menghabiskan waktu bersama keluarga dan kolega menikmati cemilan berbagai macam kue,roti dan es krim.
(Mesin Kasir Kuno yang masih terdapat di restoran Sumber Hidangan)

Salah satu keunikan yang masih dipertahankan di Sumber Hidangan adalah dalam proses pembuatan dan penyajian roti dan berbagai macam kue.Roti yang masih “Fresh from the oven” di bungkus dengan kertas berwarna cokelat yang sudah tidak banyak digunakan lagi pada umumnya.

(Frou-Frou Choc)

Hampir semua roti,kue dan es krim di tempat ini masih di tulis dengan bahasa Belanda seperti Frou-Frou Choc, Kreten Brood,Ananas tart,Chocolade Roostjer,Suiker Hageslag dan masih banyak lagi nama makanan yang sulit untuk di ucapkan.

Sumber Hidangan tidak hanya menyediakan kue,roti dan es krim khas Belanda,tetapi mereka menyediakan juga berbagai macam makanan khas Indonesia seperti nasi goreng,mie goreng dan sate.Bagi anda yang bergama Islam dan yang tidak memakan Babi anda harus sedikit teliti dalam membaca menu karena ada beberapa pastry yang menggunakan daging babi.

( Ice Cafe Glace dan Snow White)

Harga makanan di tempat ini cukup bervariasi dan sangat terjangkau.Untuk kue,roti dan es krim di jual dari harga Rp.2000,00 sampai Rp.15.000,00 untuk beberapa jenis roti khusus seperti roti kura-kura dan buaya di hargai Rp.75.000 – Rp.150.000 tergantung ukuran. Sedangkan untuk hidangan lain berkisar antara Rp.13.000,00 sampai Rp.50.000,00.
Hidangan yang paling banyak di beli orang para pengunjung adalah roti tawar spesial yang masih “fresh from the oven” berharga Rp.9.000,00 dan Nasi Goreng Udang berharga Rp.13.000,00 tapi jangan khawatir semua kue,roti,es krim dan masakan di tempat ini sangan lezat.

    (Berbagai macam Kue dan Pastry di Sumber Hidangan)

Satu lagi hal yang penting tempat ini sulit untuk ditemukan meskipun posisinya berada tepat di samping kiri Jl.Braga karena tidak memasang papan nama yang besar.Hanya ada tulisan “Sumber Hidangan d/h Het Snoephuis 1929″ tertempel pada kaca depan bangunan.

Untuk kawan-kawan yang sedang berada di Bandung atau berencana akan ke Bandung jangan ragu untuk mampir ke Jalan Braga dan menikmati makanan – makanan khas “Jaman Doeloe” di Sumber Hidangan.
Pos ini dipublikasikan di Traveling dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s